Senin, 04 April 2011

Gejala Dan Sifat Manusia

Kognisi diartikan sebagai pemahaman terhadap pengetahuan atau kemampuan untuk memperoleh pengetahuan.Gejala Kognisi terdiri dari pengamatan,Intuisi, Fantasi, tanggapan, berpikir,ingatan. Pengamatan adalah sesuatu yang dilakukan oleh mahluk cerdas terhadap suatu objek. Tanggapan adalah suatu hasil dari pengamatan yang mencerminkan apa yang dilihat oleh orang tersebut.Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melakukan atau dapat mengerti sesuatu dengan hanya melihat.yang dimaksud dengan perasaan atau emosi adalah suatu keadaan kerohanian yang kita alami dengan senang atau tidak senang.
Perasaan juga bergantung pada aspek kondisi jasmani sesorang, keadaan dasar individu, keadaan individu pada suatu waktu.Perasaan juga disebabkan oleh berbagai hal antar lain keadaan lingkungan, perasaan bawah sadar kita, dan pendapat yang irasional yang disadari maupun yang tidak disadari mengenai masalah yang di hadapi.
Gejala konasi adalah gejala yang berhubungan dengan kehendak atau dorongan, selain dorongan juga ada keinginan yaitu sesuatu yang sudah punya arah dan tujuan tertentu dan harus di capai.Selain hal di atas kita sebagai manusia juga memiliki hasrat yang suatu waktu dapat di ulang.Hasrat berbeda dengan hawa nafsu, hawa nafsu adalah keinginan yang bersangkutan dengan jiwa seseorang yang sangat kuat dan mempengaruhi.
Gejala campuran yang ada meliputi perhatian yaitu reaksi dari seseorang yang menuntut bertambahnya aktivitas daya konsentrasi seseorang. Kelelahan adalah isyarat dari tubuh kita bahwa kemampuan dari tubuh kita yang sudah mulai menurun.Dan sugesti adalah pengaruh dari dalam pikiran kita terhadap suatu hal yang menyebabkan kita selalu berpikir seperti itu.
Sedangakan bakat adalah sesuatu yang ada dalam diri kita yang hanya dimiliki oleh tiap individu yang menjadikan khas untuk tiap individu. Dan yang dimaksud dengan intelegensi adalah pemikiran terhadap sesuatu yang terarah dan tidak dapat diamati. Factor yang mempengaruhi intelegensi adalah factor bawaan dan factor lingkungan. Factor bawaan adalah factor keturunan dari orang tua yang tidak dapat dirubah, sedangakan factor lingkungan adalah factor yang dapat mempengaruhi tergantung diman ia tinggal, jika lingkungan itu membawa mereka ke dalam hal yang baik dan positif maka intelegensi mereka juga akan berkembang dengan baik juga.
Intelegensi berbeda dengan IQ, IQ hanya ukuran dari tes kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan sesorang. Biasanya kecerdasan seseorang diukur dengan tes- tes yang sering diadakan sebagai ukuran kecerdasan seseorang.
Dari gejala yang dialami oleh manusia diatas juga terjadi pada anak didik kita, Tinggal kita sebagai calon pendidik mengarahkan hal tersebut agar menjadi hal yang lebih baik dan bermanfaat bagi anak didik kita kelak.


HOME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar